Healthy Games

Citizen Journalism – Sekolah
Dasar Negeri  Wonolopo
01 merupakan salah satu sekolah di
Semarang yang telah memiliki tempat cuci tangan dilengkapi sabun. Akan tetapi
fasilitas tersebut belum dimanfaatkan dengan maksimal. Berbagai aktivitas
dilakukan seperti bermain kelereng dan menanam berbagai pohon atau tanaman
hias, tapi setelah itu langsung melakukan aktivitas lain yang bersentuhan
langsung dengan makanan dan pembelajaran tanpa cuci tangan. Hal tersebut dapat
kita lihat bukan hanya di SDN Wonolopo 01, tapi juga di sebagian besar
lingkungan sekolah di Indonesia.


Melihat
hal tersebut, “Relawan Sehat” berasal dari mahasiswa aktif Universitas
Diponegoro (Undip) yang diusung oleh Durotun Maqfiraah (FKM 2014), Ahmad Zaenal Arifin
(Sejarah, 2014), Nopi Reknasari (FKM, 2015), Ravi Oktafian (Sejarah, 2016), dan
A.A. Wahid (Agribisnis, 2016)  membentuk
sebuah terobosan metode pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat yang baru
yaitu menggunakan permainan yang menarik. Metode ini ditujukan untuk
siswa-siswa kelas 4 SDN Wonolopo 01 yang berusia 9-12. Melihat umur anak yang
masih dibilang muda atau dapat dikategorikan usia dini, maka akan sulit jika hanya
di jelaskan secara verbal.

Dari
sinilah muncul ide yang kami sebut sebagai Healthy
Games
yaitu sebuah metode pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat
menggunakan pranata permainan. Permainan kartu adalah salah satu terobosan yang
dilakukan dan dimaksimalkan oleh “Relawan Sehat”. Menurut
Mayke
S. Tedjasaputra, seorang Psikolog,  Bermain akan meningkatkan rasa senang dari seorang
anak yang akan menjadikan optimalnya pesan yang akan disampaikan dari suatu
hal. Simbol-simbol yang juga membantu anak untuk bisa lebih memahami maksud dan
tujuan program atau permainan ini. Maka dari itu dalam kartu tersebut “Relawan
Sehat” menyelipkan berbagai gambar yang menarik dengan penggambaran ilustrasi
perilaku hidup bersih dan sehat.

Tidak hanya bermain, dalam program
dan metode yang ditawarkan ini Relawan Sehat juga mengajarkan bagaimana
melestarikan diri dan lingkungan agar terwujudnya kenyamanan yang terbaik.
Program terobosan  Healthy Games ini pastinya memiliki tujuan yang mulia dan dapat
bermanfaaat bagi sasaran maupun lingkungan sasaran. Pertama, para siswa dapat
mengerti pentingnya hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Kedua,
Setelah mereka tahu pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, maka meraka
sebisa mungkin mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Ketiga, dari
bisa nantinya diharapkan dapat terbiasa dengan perilaku hidup bersih dan sehat
serta menjadikan budaya yang positif. Keempat, menularkan segala apa yang telah
dapat pada lingkungan sekitarnya sebagai wujud dari usaha menjadi Agen of Changes.

Program Healthy Games
merupakan salah satu bentuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang
Pengabdian Masyarakat. Bentuk program yang aplikasinya bisa digunakan untuk
seluruh Sekolah Dasar di seluruh Indonesia. Kesehatan anak-anak bukan hanya
tanggung jawab dari pemerintah, namun juga tanggung jawab kita sebagai penerus
bangsa. Jadi, mari kita gerakan tubuh kita untuk menjadikan bangsa ini lebih
baik lagi dengan cara yang mampu kita lakukan.


Ahmad Zaenal Arifin
Mahasiswa Sejarah Undip 2014
Fakultas Ilmu Budaya  


Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top