Peringati Kemerdekaan, Teater Emka Gelar Aksi Teatrikal

Dok. Hayamwuruk
Sejumlah mahasiswa dari Teater Emper Kampus (Emka) menggelar aksi teatrikal betakjub ‘Prokla(masih)” pada Senin (19/8/2019) sekitar pukul 12.00 di Crop Circle Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip. Aksi tersebut mengusung tema Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.
Pementasan aksi dimulai dengan pembacaan teks proklamasi oleh seorang laki-laki yang berpenampilan kotor berdiri di atas kursi tepat pada tengah Crop Circle. 
“Kenapa tadi digambarkan yang baca proklamasinya kotor karena sekarang kasarannya sekarang sudah kotor/dilupakan, makanya bentuk aksinya teman-teman respondeng fungsinya bersihin sampai itu bersih gitu,” ujar Faiz Azhari, salah satu perwakilan Teater Emka.
Di sela-sela pembacaan proklamasi, beberapa penonton menghampiri pembaca teks untuk membersihkan kotoran dengan air yang sudah dipersiapkan di dalam ember sebelah kursi laki-laki kotor berdiri. Sesudah membersihkan diri, pementas dan beberapa penonton membentuk barisan, lalu menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dengan laku hormat kepada bendera merah putih yang dipegang salah-satu pementas.
Faiz juga, menyampaikan, bahwa aksi ini sebenarnya bertujuan untuk mengingatkan kepada teman-teman mahasiswa agar mengingat dan mengamalkan kembali makna dari Proklamasi. “Sekarang Indonesia, kan, lagi ada hal yang kurang baik, kayak perselisihan. Dan mengingat kita, Indonesia, seharusnya bersatu,” katanya.
Dwi Fajar, mahasiswa Sastra Indonesia, merasa terkesan dengan adanya acara seperti itu. Menurutnya, aksi tersebut memiliki korelasinya dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Ia menyampaikan keresahannya mengenai makna kemerdekaan untuk Indonesia saat ini.
“Di era sekarang ini Indonesia mungkin tidak dijajah secara fisik, tetapi dari aspek ekonomi, sosial dan budaya telah banyak dimasuki adanya unsur-unsur dari luar serta kurangnya penyaringan kita terhadap unsur-unsur tersebut,” ujar Dwi.
Reporter: Airell, Della, Istina
Penulis: Airell
Editor: Qanish

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top