PMB 2019: Kembali Menjadi Mahasiswa dengan Literasi Baik

Dok. Hayamwuruk
 
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip) telah dimulai sejak hari Selasa (6/8/2019). Kali ini, peningkatan budaya literasi menjadi tema yang diangkat panitia PMB FIB 2019 untuk disampaikan kepada 833 mahasiswa baru yang tersebar pada tiap jurusan.
Menurut Ahmad Multazam, selaku Ketua Pelaksana PMB FIB 2019, acara ini sudah dipersiapkan sejak tiga bulan yang lalu. “Tahun ini kami mengangkat tema ‘Bramantya Literasi Budaya’ dengan harapan mahasiswa baru di FIB bisa menjadi lebih kritis, suka diskusi, suka membaca, intinya, ‘kembali’ menjadi mahasiswa yang berliterasi dengan baik,” ujarnya.
Selain itu, Multazam juga menyebutkan bahwa tahun ini Undip tengah menyelenggarakan gerakan peduli lingkungan dan anti penggunaan plastik.
“Tahun ini kita berusaha bagaimana caranya agar acara ini tidak menggunakan banyak sampah plastik yang tidak perlu. Namun untuk atribut mahasiswa baru, co-card (tanda pengenal, red) masih menggunakan plastik karena tidak mungkin menggunakan kertas yang cepat rusak nantinya,” ujarnya.
Norma, salah satu mahasiswa baru Antropologi, mengatakan merasa senang mengikuti acara PMB ini. “Aku suka sih, acaranya tertata banget, ngga ketat-ketat banget, kakak-kakaknya juga tegas-tegas, bagus kok. Cuma karena kita dari jalur mandiri, jadi rada mendadak, tapi tugasnya ngga menyusahkan kita,” ujar Norma, saat ditemui Hayamwuruk.
Agak berbeda dengan Norma, Edgar, mahasiswa baru dari Sastra Indonesia, berpendapat bahwa acara ini biasa saja, seperti ospek pada umumnya. “Untuk persiapan, alat-alatnya ngga masuk akal, agak ribet. Lebih baik diumumkan terlebih dahulu karena kebanyakan pengumuman secara online jadi banyak yang ngga tahu,” ujarnya.
Reporter: Della, Istitina
Penulis: Wulan
Editor: Qanish

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top