Si Coklat Kaya Manfaat

Dok. Tim II KKN Undip Desa Samiranan
Samiranan, Temanggung (06/08/2019) – Malam itu ibu-ibu RT 08, Dusun Samiranan, Desa Samiranan, dengan fasih dan bersemangat melaksanakan kegiatan Barzanji di kediaman Nur Arif, Sekretaris Desa Samiranan. Kegiatan tersebut dimulai pukul 20.00 WIB hingga 21.00 WIB. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang biasanya diisi bacaan Surat Yasin dan tahlil setiap malam Rabu. Namun malam itu berbeda dari biasanya, ibu-ibu melaksanakan kegiatan Barzanji, yakni membaca doa-doa, puji-pujian, dan cerita riwayat Nabi Muhammad S.A.W yang dilafalkan dengan irama atau nada yang biasa dilantunkan ketika kelahiran, khitanan, pernikahan, dan maulid Nabi Muhammad S.A.W.
 
Setelah kegiatan Barzanji usai, ibu-ibu RT 08, Dusun Samiranan, Desa Samiranan, tidak langsung pulang ke rumah masing-masing. Kegiatan dilanjutkan dengan berbagi ilmu tentang pembuatan sabun berbahan kopi. Sabun adalah produk yang digunakan sebagai pembersih dengan media air. Secara umum, sabun berbentuk padatan (batang) dan cair. Sabun terbuat dari bahan alami (minyak) dan basa kuat seperi (NaOH). Bedanya, sabun ini ditambah dengan bubuk kopi.
 
Selain memanfaatkan potensi kopi yang ada di Desa Samiranan, kopi juga memiliki banyak manfaat, di antaranya, mengangkat sel kulit yang mati, menyamarkan bekas luka, memperbaiki kulit yang rusak, melembabkan kulit, mencerahkan dan menyegarkan kulit, menyamarkan noda hitam pada kulit.
 
Kegiatan itu dipandu oleh mahasiswa-mahasiswi Tim II KKN Universitas Diponegoro 2019. Ibu-ibu tampak antusias ketika materi disampaikan. Bahkan mereka minta diajari lagi di lain waktu hingga benar-benar bisa membuat sabun berbahan kopi sendiri. Diharapkan, dengan adanya inovasi baru tersebut, perekonomian warga Desa Samiranan dapat meningkat, dan Desa Samiranan semakin dikenal.
Penulis: Tim II KKN Undip Desa Samiranan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top