Peringati Momen Kemerdekaan, Geram Salurkan Aspirasi melalui Panggung Suara Rakyat

 

Dok. Hayamwuruk
 
Senin (17/08/2020) malam hari, puluhan orang meramaikan acara panggung rakyat yang digelar oleh Aliansi Gerakan Rakyat Menggugat (Geram) di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang. Acara ini bertajuk “Meraih Kemerdekaan 100%”.
 
 
Geram merupakan koalisi masyarakat sipil Jawa Tengah yang terdiri dari buruh dan mahasiswa, bergerak untuk merespon isu-isu sosial yang ada di Jawa Tengah terutamanya. Salah satu isu yang diusung oleh Geram adalah penolakan soal Omnibus Law RUU Cipta Kerja.
 
 
Selain buruh dan mahasiswa, acara panggung rakyat ini diisi oleh sejumlah seniman dari Kota Semarang.
 
 
Acara dimulai dengan pembacaan puisi oleh Sastrawan Aditya yang berjudul “Istriku Seorang Demonstran”. Kemudian, Seniman Hartono juga berpartisipasi dalam acara denganmelukis, selama acara berlangsung.
 
 
Adapun kelompok pemusik Babak Bondas dan Wilujeng Sontenjuga berpartisipasi dalam pagelaran panggung rakyat ini. Selain pembacaan puisi dan pentas musik, ada pameran lukisan karya Hartono yang digelar oleh Dewan Kesenian Semarang (Dekase).
 
 
Koordinator acara, Azis Rahmad Ahmadi, sekaligus selaku perwakilan Geram, mengatakan panggung rakyat ini sebagai bentuk untuk memeringati momen 75 tahun kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus ini. “Dan juga (panggung rakyat) ini kelanjutan dari suara-suara temen-temen semua yang kemarin (14 Agustus 2020) kita menolak Omnibus Law,” kata Azis.
 
 
Selain penolakan Omnibus Law, tambah Azis, Geram juga menyoroti beberapa isu lainnya, seperti disahkannya UU Minerba, RUU PKS, pentingnya kesehatan di masa pandemi, dan gratiskan biaya pendidikan. Azis berharap apa yang disuarakan oleh Geram bisa terealisasikan. Ia juga mengingatkan pemerintah, agar mendengarkan suara rakyat. “Jangan sampai diabaikan. Jangan sampai rakyat itu marah, sehingga membuat ketidakstabilan di negara yang kita cintai ini,” ujarnya.
 

Reporter: Airell

Penulis: Airell

Editor: Ban

One thought on “Peringati Momen Kemerdekaan, Geram Salurkan Aspirasi melalui Panggung Suara Rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top