Dukung Pengusulan Sebagai Pahlawan Nasional, Museum Ranggawarsita Siapkan Ruangan Khusus Dokter Kariadi

Dok. LPM Hayamwuruk

Sebagai dukungan atas upaya pengusulan Dokter Kariadi agar ditetapkan sebagai pahlawan nasional, sejumlah sejarawan dan keluarga Dokter Kariadi lakukan penjajakan kerja sama dengan Museum Jawa Tengah (Jateng) Ranggawarsita untuk membuat ruangan khusus Dokter Kariadi.

Sejarawan Universitas Padjajaran, Nina Lubis, mengatakan tujuan penjajakan kerja sama ini untuk menunjukkan bahwa Dokter Kariadi telah diakui oleh masyarakat Jateng soal kepahlawanannya.

Jadi saya sendiri akan berusaha lah, untuk mencari cara supaya perjuangan Dokter Kariadi itu bisa dipamerkan di (Museum Ranggawarsita) sini dengan sistem multimedia,” kata Nina saat ditemui di Museum Jateng Ranggawarsita, Jumat (28/08/2020).

Selain pembuatan museum mini Dokter Kariadi, Nina juga mengatakan bahwa akan ada buku tentang Dokter Kariadi yang akan diterbitkan. Salah satu penulis buku tersebut adalah Alamsyah, sejarawan Universitas Diponegoro. Ia mengatakan bahwa, proses pembuatan buku sudah hampir selesai. “Tadi saya juga mengusulkan, kalau memang bukunya jadi, ya disosialisasikan atau direview atau dibedah di Museum Ranggawarsita,” ujarnya.

Kepala Museum Jateng Ranggawarsita, Asih Widhiastuti menyambut baik adanya rencana pembuatan ruangan khusus Dokter Kariadi ini.

“Kami sangat menyambut baik dan berterima kasih sekali kepada pihak-pihak yang mau mengembangkan museum. Jadi inshaallah ini akan menambah wawasan sejarah,” ujar Widhiastuti.

Widhiastuti menyampaikan bahwa, Museum Ranggawarsita telah memiliki diorama tentang Dokter Kariadi. “(Koleksi tentang) perjuangan Dokter Kariadi (sudah) ada di (Museum Jateng Ranggawarsita) sini,” kata Widhiastuti.

Widhiastuti juga mengatakan bahwa rencana ruangan tersebut akan bertempat di gedung C Museum Ranggawarsita. “Jadi tampilan-tampilan koleksi beliau (Dokter Kariadi) akan divisualisasikan dengan digitialisasi ini tentunya akan sangat menarik untuk para generasi muda,” ujarnya.

Widhiastuti juga berharap agar rencana ini bisa cepat terwujud sehingga pada 9 November 2020 nanti ketika keputusan penetapan gelar Pahlawan Nasional, ruangan tersebut bisa sekalian diresmikan.

Senada dengan Widhiastuti, Nina juga berharap agar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dapat meresmikan ruangan museum Dokter Kariadi. “Cuma saya pesan pada Pak Gubernur, mohon sekali dukungan beliau untuk pengusulan Dokter Kariadi (sebagai pahlawan nasional),” ungkapnya.

Nina mengungkapkan sosok yang diusulkan untuk menjadi pahlawan nasional yakni ada tujuh calon. Salah satunya adalah Dokter Kariadi. Saat ini proses penetapan pahlawan nasional sudah sampai di dewan gelar kehormatan. Ia juga mengkhawatirkan apabila ada yang tidak berhasil ditetapkan, khususnya Dokter Kariadi.

“Tapi kalau gak lolos bagaimana? Nah inilah perlunya dukungan dari Bapak Gubernur. Kan beliau itu ya, yang punya, istilahnya kewenangan politis, ya. Yang bisalah mendukung itu,” tandasnya.

 Reporter: Airell

Penulis: Airell

Editor: Della

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top