Akun SSO Terblokir, Mahasiswa Geger Tidak Bisa Mengikuti Perkuliahan

Ilustrasi: Aa

Sejak Senin (9/11) sejumlah mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) melaporkan akun Single Sign On (SSO)-nya terblokir. Akibatnya, hal ini mengganggu proses perkuliahan karena mereka tidak dapat mengakses SIAP, aplikasiuntuk mempermudah dosen dan mahasiswa Undip dalam proses pembelajaran, dan aplikasi Microsoft Teams sebagai sarana pembelajaran daring di Undip.

“Pagi sekitar jam 7, pas cek Teams buat kuliah tiba-tiba ada ada tulisan akun diblokir, dan harus log in ulang. Udah coba segala cara mulai dari restart hp sampai re-install Ms Teams tetap aja nggak bisa log in. Panik awalnya karena ketinggalan materi kuliah, tapi setelah itu biasa saja karena admin prodi bilang banyak yang terblokir juga,” ujar Farren Federika, mahasiswi Sastra Inggris Undip saat diwawancarai daring melalui WhatsApp pada Selasa (10/11).

Salah seorang mahasiswa jurusan Bahasa dan Kebudaan Jepang Undip, Rafi Abu Bakar yang kerap disapa Rafi, juga merasakan hal yang sama saat diwawancarai secara daring melalui WhatsApp pada Senin (9/11). Akun SSOnya terblokir pada Senin (9/11) pagi, namun ia sempat dua kali berhasil log in kembali setelah 5 kali restart laptop sebelum akhirnya terblokir kembali.

“Pas mau absen matkul lah kok gak bisa, ternyata terblokir. Karena panik saya menghubungi mas Indra lalu helpdesk Undip tapi tidak ada tanggapan. Abis itu saya restart laptop berkali-kali abis itu bisa lagi sama end task manager sampai Teamsnya bisa lagi. Tidak tahu penyebabnya apa,” ungkapnya.

Selain kesulitan untuk absen dan mengikuti perkuliahan seperti yang dialami Farren dan Rafi, seorang mahasiswi Fakultas Hukum Undip yang enggan disebutkan namanya juga kesulitan untuk mengirim tugasnya.

“Yang pertama tuhnggak bisa ikut kuliah yang pastinya. Kedua nggak bisa absen di SIAP dan yang ketiga nggak bisa submit tugas di Assignment.”

Diduga pemblokiran ini adalah akibat dari banyaknya device yang digunakan untuk log in satu akun SSO. Namun Hayamwuruk belum mendapatkan pernyataan dari pihak Layanan IT Undip yang mengurus tentang SSO mengenai pemblokiran ini. Melalui akun tidak resmi @ssoundip di Twitter, mereka mengklaim bahwa kejadian ini dikarenakan adanya update sistem keamanan dari Microsoft pada Selasa (10/11).

Untungnya sebagian mahasiswa yang akun SSOnya terblokir sudah pulih pada Senin malam (9/11) sekitar pukul tujuh.

Penulis: Oliviana Senja

Editor: Restutama R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top