Admin @ssoundip Buka Suara Mengenai Penyebab Pemblokiran Akun SSO

Ilustrasi: Aa –dimuat juga dalam berita “SSO Terblokir, Mahasiswa Geger Tidak Bisa Mengikuti Perkuliahan”

Sebelumnya, Hayamwuruk telah menerbitkan berita dengan judul “SSO Terblokir, Mahasiswa Geger Tidak Bisa Mengikuti Perkuliahan” pada Rabu (25/11). Dalam berita ini disebutkan bahwa beberapa mahasiswa mengalami pemblokiran akun SSO yang mengakibatkan mahasiswa tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan karena kesulitan dalam mengakses SIAP dan Microsoft Teams. Namun dalam berita ini belum jelas apa penyebab pemblokiran akun SSO ini.

Pada Kamis (19/11) kami telah mendapatkan pernyataan pribadi dari admin @ssoundip melalui direct message (dm) Twitter. Ia menyatakan bahwa ia mengetahui tentang pemblokiran ini setelah menerima banyak laporan akun terblokir pada Senin (9/11).

“Saya masih on dan login SSO dengan lancar tanpa masalah pukul 01:00 WIB pada hari yang sama dimana pagi harinya banyak aduan akun terblokir,” ungkapnya.

Melalui analisanya, ia menyebutkan bahwa majorupdate dari Microsoft mendeteksi potensi resiko dari aktivitas user, seperti login menggunakan device yang terlalu banyak hingga login menggunakan VPN. Hal-hal inilah yang menyebabkan user terdeteksi sebagai user beresiko hingga mengalami pemblokiran. Beruntung, pihaknya dengan sigap telah melakukan tindakan untuk mengatasi masalah ini.

“Sejauh saya analisa, terjadi majorupdate pada sistem SSO Microsoft mengenai accountsecurity. Microsoft mendeteksi seluruh aktifitas sedangkan saat hal itu terjadi banyak user SSO undip yang terlanjur membagikan akun, login pada device yang terlalu banyak, login SSO dengan koneksi VPN (terdeteksi di negara lain), sehingga banyak terdeteksi sebagai user ‘beresiko’ yang kemudian terkena blokir.”

“Melakukan analisa dan segera ditelusuri penyebab masalah dan solusinya, kemudian ditemukan solusi untuk meng-allow seluruh cookies (pihak ketiga) yang digunakan situs SSO Undip,” tutupnya.

Reporter: Oliviana Senja

Penulis: Oliviana Senja

Editor: Restutama

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top