Kesiapan Undip dalam Perkuliahan Tatap Muka

Sumber Gambar: Instagram @mwaundip

Wakil Rektor I Universitas Diponegoro (Undip), Budi Setiyono, menyampaikan bahwa Undip telah siap untuk melaksanakan perkuliahan secara tatap muka yang rencananya akan diselenggarakan pada semester ganjil nanti. Pernyataan tersebut disampaikan dalam diskusi yang diadakan oleh Majelis Wali Amanat Undip Unsur Mahasiswa (MWA Undip UM) secara daring pada Kamis (6/05/2021).

“Kita sudah menyusun draft SOP (Standard Operational Procedure) pembelajaran tatap muka dan ada beberapa ketentuan yang sudah disusun, yaitu dengan cara hybrid ganjil-genap bergantian, menyiapkan fasilitas sesuai dengan standar protokol kesehatan, dan sudah melakukan vaksinasi bagi dosen yang akan mengadakan perkuliahan tatap muka,” ujar Budi.

Namun, kata Budi, Undip masih menunggu keputusan terakhir pemerintah lantaran terdapat kekhawatiran baru terkait mutasi virus Covid-19 asal India.

Kemudian, Budi menjelaskan jika per semester ganjil nanti dilaksanakan perkuliahan tatap muka, mahasiswa Undip wajib sudah menerima vaksin Covid-19 sebelum mengikuti perkuliahan tatap muka.

Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat surat pernyataan bahwa jika sesuatu terjadi terhadap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Undip, hal tersebut ditanggung oleh mahasiswa yang bersangkutan.

“Itu menjadi salah satu pertimbangan yang kami diskusikan. Idealnya iya agar ada situasi di mana jaminan kesehatan bisa terkondisikan sehingga resiko penularan (Covid-19) antara dosen dan mahasiswa dapat berkurang,” jelasnya.

Terkait teknis perkuliahan hybrid, Budi menerangkan bahwa nantinya koordinasi dilakukan di fakultas masing-masing dan dibawahi oleh Wakil Dekan 1. Sedangkan untuk tingkat universitas, akan dibawahi dan dipegang oleh LP2MP beserta tim gugus tugas Covid universitas.

“Jam perkuliahan dalam sistem hybrid tetap sama dengan jam perkuliahan seperti biasanya. SIAP menampung keseluruhan kebutuhan kelas, sehingga jika menggunakan sistem hybrid tinggal menyesuaikan jadwal, waktu, dan segala macamnya,” ujarnya.

Perihal skala prioritas pembelajaran tatap muka, Budi menerangkan bahwa untuk saat ini, yang menjadi prioritas Undip adalah para mahasiswa tingkat akhir. “Sedangkan untuk mahasiswa baru apabila masih bisa difasilitasi secara online, maka pembelajarannya online dulu sebab jangka belajar mereka masih panjang,” jelasnya.

Budi menambahkan bahwa nantinya akan ada banyak variasi dalam aturan perkuliahan hybrid tergantung pada kebutuhan masing-masing fakultas.

“Tapi secara umum universitas memberikan highlight ini bagaimana melaksanakan hybrid tersebut seperti melalui sistem ganjil genap,” tuturnya.

Budi juga menegaskan bahwa mahasiswa yang nantinya akan melakukan perkuliahan tatap muka yang berasal dari luar daerah wajib sudah melakukan Swab Test dan membuat surat pernyataan negatif Covid.

“Kalau memang kita melakukan perkuliahan tatap muka, ada persyaratan yang ditentukan agar mahasiswa membuat surat pernyataan agar menanggung sendiri resiko dan dia harus menulis standar kondisi kesehatan yang dipersyaratkan seperti surat keterangan negatif Covid,” jelasnya.

Reporter          : Senja, Yuan

Penulis             : Yuan

Editor             : Airell

One thought on “Kesiapan Undip dalam Perkuliahan Tatap Muka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top