Menyambut Generasi Baru

Pembaca budiman,

Satu bulan berlalu menyambut kedatangan mahasiswa baru angkatan 2005. Kampus Sastra pun kembali ramai setelah sekitar dua bulan lengang ditinggalkan oleh para penghuinya karena liburan akhir semester genap. Melalui edisi ini Hawe Pos ingin menyapa Anda dengan tampilan yang baru, edisi khusus mahasiswa baru.

Edisi ini mulai kami kerjakan waktu liburan akhir semester lalu dan direncanakan bisa terbit saat minggu-minggu awal kuliah semester ini. Tapi rencana kami meleset. Apa boleh buat. Saat menjelang naik cetak, komputer yang digunakan untuk layout mati total alias tidak bisa digunakan. Hardisk tempat penyimpanan file juga tidak bisa dibuka. Semoga belum terlambat, tak lupa kami ucapkan selamat datang mahasiswa baru angkatan 2005 di Fakultas Sastra Undip.

Kali ini Hawe Pos tampil dengan rubrikasi yang lebih ringkas, tetapi diharapkan tidak mengurangi kualitas isi beritanya. Pada Edisi Khusus ini ada beberapa rubrik yang tidak kami sajikan. Sementara ada rubrik baru yang kami tambahkan, khususnya tentang informasi mahasiswa baru. Pada edisi selanjutnya, Hawe Pos akan kembali ke format semula.

Selain itu, masih ada yang lain dalam edisi ini. Penggarapan tabloid Hawe Pos melibatkan kru magang 2004. Pelibatan kru magang 2004 ini sekaligus menjadi lahan praktek bagi mereka setelah mengikuti proses magang dasar dan magang lanjut selama kurang lebih satu tahun. Dalam rapat umum Hayamwuruk pada tanggal 16 September 2005, mengangkat kru magang yang lolos sebagai staf pengelola. Mereka ditempatkan di pos-pos pengelola, seperti Redaksi, Litbang, Artistik, atau Perusahaan. Di sini siklus kehidupan berlaku: ada yang datang, ada yang pergi. Hal ini menjadi tanggung jawab kami, para pengelola, untuk malangsungkan regenerasi organisasi.

Bagi yang tidak lolos, masih diberi kesempatan untuk mengulang pada periode magang selanjutnya, yakni magang 2005. Penilaian lolos-tidaknya peserta magang diberikan oleh tim litbang. Variabel penilaian mencakup prosentase kehadiran, keaktifan, tanggungjawab dalam mengerjakan setiap penugasan-penugasan yang diberikan, dan terakhir wawancara. Proses ini bukan untuk mempersulit anggota baru yang ingin menjadi pngelola Hayamwuruk, tapi karena tugas menjadi pengelola tidaklah mudah, maka kami perlu menyaring orang-orang yang punya kemampuan dan keinginan kuat untuk bergabung dengan Hayamwuruk.

LPM Hayamwuruk membuka kesempatan bagi mahasiswa baru angkatan 2005 maupun angkatan sebelumnya untuk mendaftarkan diri menjadi peserta magang 2005. Seperti biasa Anda akan mengikuti proses magang, dari magang dasar sampai magang lanjut. Tidak dipungut biaya. Hanya saja keperluan selama pelatihan, seperti untuk fotokopi materi pelatihan, ditanggung sendiri oleh peserta magang. Informasi lebih lengkap bias Anda dapatkan langsung di kantor redaksi LPM Hayamwuruk. Jangan khawatir, kami buka 24 jam!

Pembaca, kali ini Hawe Pos menyajikan tema tentang akreditasi dalam rubrik cover story. Tema ini berangkat dari pemikiran adanya ketidaksesuaian antara kondisi di lapangan dengan peringkat akreditasi yang diperoleh oleh beberapa jurusan di fakultas Sastra. Ketiga jurusan untuk Strata I, yakni Sastra Inggris, Sastra Indonesia, dan Ilmu Sejarah, tahun ini mendapat peringkat akreditasi A. Idealnya, akreditasi A diberikan karena memang layak dilihat dari berbagai sudut pandang. Baik itu SDM, fasilitas atau sarana prasarana kampus, sistem belajar-mengajar, kurikulum, prestasi dan lain-lain.

Pada edisi khusus ini juga disajikan liputan tentang sepinya minat calon mahasiswa pada fakultas sastra. Masih pada laporan khusus juga mengetengahkan kisah lika-liku calon mahasiswa baru menuju PTN. Beragam pelajaran bisa dipetik dari kisah para mahasiswa baru ini. Dari cerita tentang mereka yang gagal masuk PTN lewat jalur SPMB, sampai mereka yang terpaksa harus menjual sepeda motornya untuk membayar registrasi mahasiswa baru. Pendidikan di negeri ini memang semakin mahal saja. Tak luput PTN, yang dikenal dengan biaya yang terjangkau, ikut-ikutan terjamah arus komersialisasi tersebut.

Selain itu, ada juga rubrik pernak-pernik kehidupan kampus. Rubrik ini menyajikan informasi tentang seputar kehidupan mahasiswa yang tentu akan berguna bagi mahasiswa baru yang baru saja menapaki dunia kampus. Meski rubrik ini bukan merupakan tulisan reportase, seperti dirubrik lainnya, tulisan dirangkum dari riset dan wawancara dengan beberapa narasumber. Semoga bisa bermanfaat.

Tak lupa kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. Meski puasa, aktivitas tetap jalan. Tetap semangat. Semoga amal ibadah kita diterima di sisiNya. Amin.

Salam,

Pemimpin Redaksi

One thought on “Menyambut Generasi Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top