Ikahimsi Gelar Pentas Budaya di Semarang

Ikatan Mahasiswa Sejarah se-Indonesia (Ikahimsi), Kamis (19/4) malam menggelar Pentas Budaya di pelataran Fakultas Satra Universitas Diponegoro Semarang. Kegiatan diisi dengan penampilan kesenian lokal dari para peserta yang merupakan perwakilan mahasiswa jurusan sejarah seluruh Indonesia.

Secara bergantian para delegasi itu menampilkan kesenian tradisional daerahnya di panggung Joglo Fakultas Sastra Undip. Ada dari Bali, Sulawesi, Sumatera, dan dari Jawa Tengah sendiri. Ada yang menampilkan tari-tarian, seperti yang dipertunjukkan dari delegasi Universitas Tadaluko Palu.

Meski ditengah jalannya acara sempat diguyur hujan, peserta tanpak antusias. Sesekali peserta yang ada di tempat duduk diajak ikut naik ke atas panggung menari bersama-sama rekan dari dari daerah lain. Suasana ini banyak mengudang perhatian para pengguna jalan Hayamwuruk, yang melintas di depan kampus sastra Undip.

Pentas Budaya itu digelar dalam rangka Musyawarah Nasional (Munas) Ikahimsi yang diadakan sejak Selasa-Sabtu (17-21/4). Menurut M Nurdien Syuhada, mahasiswa semester akhir Jurusan Sejarah Undip, acara ini ditujukan untuk saling tukar informasi kesenian lokal yang kaya akan nilai-nilai tradisi. Sebagai panitia lokal adalah HMJ Sejarah Undip dan Unnes.

Sebagai agenda pertama Munas disampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus Ikahimsi dibawah kepemimpinan M Nurdien Syuhada. Selanjutnya dipilih ketua Ikahimsi yang baru yang akan menahkodai Ikahimsi selama dua tahun ke depan.

Selain itu, masih ada beberapa acara lainnya. Jumat (20/4) akan diadakan seminar budaya dan sejarah di gedung Taman Budaya Raden saleh (TBRS) Semarang. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIb itu diantanya menghadirkan Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Undip Jateng, HM Tamsil yang akan maju dalam pencalonan gubernur jateng 2008 mendatang. (udin)

[catatan: gambar pendukung belum ditampilkan]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top