Bedah Buku “Mengutamakan Rakyat” dan “Menembus Batas”

Mayor Jenderal TNI Saurip Kadi memang bukan seorang jenderal populer. Kendati begitu, di kalangan militer dan elite politik negeri ini, pria kelahiran 18 Januari 1951, di Brebes, Jawa Tengah ini, namanya cukup dikenal. Ia dikenal sebagai orang yang kerap bersuara vokal terhadap institusinya sendiri: Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Mantan asisten teritorial KSAD ini mulai menjadi buah bibir khalayak, selepas mencuatnya kasus Dokumen Bulak. Dokumen ini dikabarkan berisi reposisi para petinggi di tubuh militer itu, kabarnya dibahas di kediaman Saurip. Antara lain, oleh Saurip, mantan Pangkostrad Letjen Agus Wirahadikusumah, Bondan Gunawan, mantan Sekretaris Pengendalian Pemerintahan dan sejumlah figur lainnya. Setelah heboh dokumen itu, Saurip kemudian dicopot dari pos asisten teritorial KSAD. Ia dimutasikan ke Yayasan Kartika Eka Paksi, salah satu yayasan di bawah TNI AD.

LPM Hayamwuruk bekerjasama dengan Komunitas Hysteria, akan menghadirkan langsung jenderal pendiunan asal Brebes itu dan juga Liem Siok Lan untuk membedah buku “Mengutamakan Rakyat” dan “Menembus Batas”. Buku yang pertama merupakan hasil wawancara Liem Siok Lan dengan Mayor Jendral TNI Saurip Kadi, sementara buku ‘Menembus Batas’ adalah hasil wawancara Liem Siok Lan dengan beberapa tokoh berpengaruh.

Dalam buku tersebut, Saurip banyak mengungkapkan keburukan pemerintah masa lalu dan kebobrokan pemerintah masa kini. Apakah itu artinya ia bersiap untuk maju dalam bursa Pilpres 2009? Jika benar, maka Saurip adalah satu diantara sekian banyak jenderal yang mengimpikan perbaikan negeri ini melalui kekuasaan. Ada Wiranto, ada Prabowo dan jenderal lain yang kini sudah mulai ancang-ancang ikut Pilpres.

Acara akan digelar pada Jumat (7/11) mulai pukul 09.00 Wib di Joglo Fakultas Sastra Undip. Diskusi dan bedah buku ini terbuka untuk umum. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Gema Yudha (081575339498).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top