Ruang Muda: Kembangkan Bisnis Berbasis Lingkungan

Dok. Hayamwuruk
Semarang (5/10/2019) AIESEC Semarang mengadakan acara Ruang Muda di CLT Buliding, Meeting Hall, Universitas Katolik Soegijapranata. Ruang Muda adalah sebuah wadah diskusi dan kolaborasi bagi para pemuda untuk memecahkan masalah yang ada di Kota Semarang. Tema yang diangkat yakni mengenai “Ecopreneur”. Acara ini membahas tentang masalah lingkungan dan solusi mangatasinya, salah satunya dengan membentuk bisnis berbasis lingkungan. 
Ruang Muda merupakan acara rutin yang diadakan setiap tahun oleh AISEC, dengan tema yang berbeda-beda. Rangkaian acara ini berisi pemaparan materi, Focus Group Discussion (FGD), presentasi hasil diskusi, dan games diakhir acara.
Terdapat dua pembicara yang hadir, diantaranya: Miftachur Robani dari CMO of Lindungi Hutan dan Aria Pradana sebagai Pegiat Lingkungan. Dalam presentasinya, Miftachur Robani menjelaskan bagaimana cara mengelola hutan dengan menanam berbagai jenis pohon sebagai sarana untuk melindungi hutan sekaligus cara mengembangkan startup berbasis lingkungan di Semarang. 
Sedangkan Aria Pradana, sebagai pegiat lingkungan yang bercita-cita untuk membangun kota asalnya (Temanggung) dengan melahirkan sebuah inovasi yang tidak kalah menginspirasi, Aria menjelaskan bagaimana cara mengelola sampah-sampah yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha atau bisnis.
Denish Nugraha, selaku ketua panitia Ruang Muda mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mengajak para pemuda agar ikut berkontribusi dalam menyelesaikan isu-isu lingkungan khususnya di Kota Semarang.
“Untuk Ruang Muda kali ini, kami ingin meginisiasi anak-anak muda untuk lebih peduli terhadap masalah lingkungan dan ikut terjun langsung untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut melalui Ecopreneur, sekaligus juga bisa mendapatkan value serta laba pada pengaplikasiannya,”  ujarnya.
Sony, mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar asal Laos merasa sangat senang dan antusias mengikuti acara Ruang Muda ini.
“Iya, ini adalah suatu acara yang sangat bagus. Ada juga sesi Focus Group Discussion yang membuat kita bisa belajar bagaimana memecahkan suatu masalah dan dapat mempresentasikannya di depan peserta yang datang,” ungkapnya.
Agenda Ruang Muda Goes to Campus ini terdiri dari dua acara: Ruang Muda GTC#1 yang diadakan di Undip dan Ruang Muda GTC#2 yang diadakan di Unika. Dilanjut dengan Startup Weekend dari Impala Space dengan tema sama (Ecopreneur) yang akan diadakan di Impala Space akhir bulan Oktober.
Reporter: Demita. Della
Penulis: Della
Editor: Qanish

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top