Menang Tipis, KMI Tetapkan Ketua dan Wakil BEM FIB 2021 Melalui Pemungutan Suara

Infografis Oleh : Tio

KMI FIB (Kongres Mahasiswa Istimewa) kembali dilanjutkan pada Sabtu-Minggu (28-29/12), setelah sebelumnya sempat terhenti selama dua minggu. KMI yang diadakan melalui Microsoft Teams ini berhasil menetapkan Ketua dan Wakil BEM FIB Undip periode 2021 berdasarkan hasil pemungutan suara.

Pasangan calon (Paslon) tunggal Rachmat Prihartono (Sastra Indonesia 2018) dan Apriana Anggraeni Ayuningtyas (Ilmu Perpustakaan 2018) ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil BEM FIB melalui hasil pemungutan suara, setelah sebelumnya upaya lobbying selama 2×10 menit tidak menemui kesepakatan. Dari total 47 suara yang masuk, 25 suara menyatakan yes, sedangkan 22 suara menyatakan no.

Meskipun telah menerima hasil pemungutan suara, tapi Pramudya Lazuardi (Sastra Inggris 2017), menyayangkan sikap sebagian peserta yang tiba-tiba hadir hanya untuk memberikan suara kepada Paslon tanpa ikut menyampaikan aspirasi.

“Saya melihatnya aneh. Herannya lagi, pihak yang bersangkutan datang dari jajaran petinggi Kabinet Gerak Persatuan. Padahal akan lebih baik lagi jika sebelumnya ikut berdiskusi bersama, bukan hanya datang tiba-tiba seperti Candi Prambanan,” ungkap Pramudya.

Selain itu, ia juga mengaku tidak memilih Paslon karena dianggap belum mampu memetakan masalah dan memberikan solusi konkret.“Paslon hampir sama sekali tidak menguasai pertanyaan-pertanyaan peserta sidang. Indikator tersebut (masalah dan solusi) menjadi acuan saya menganggap mereka belum berkompeten,” katanya.

Sementara itu, Farhan Munggaran Putra (Antropologi 2017), menyampaikan alasannya mendukung pengajuan Paslon karena itikad yang patut diapresiasi. “Mengapa saya menitikberatkan penilaian saya pada itikad/kemauan dari Paslon karena itu saya rasa urgensi yang perlu direfleksikan di FIB,” katanya.

Farhan juga berharap agar Paslon menjalankan mandat KMI yang telah ditetapkan serta menjalankan visi misi dan program yang telah disusun. “Semoga dengan terpilihnya Paslon bisa memberikan ruang diskusi, partisipasi, serta ekspresi bagi seluruh elemen untuk FIB Undip yang lebih baik ke depannya,” katanya.

Perlu diketahui, KMI lanjutan kali ini juga memberikan 5 tema mandat kepada Paslon terpilih. Mandat itu antara lain: kaderisasi; isu kampus; sosial masyarakat; minat bakat akademik-non akademik; kelembagaan dan ruang ormawa di FIB.

 

Reporter: Yulita, Teguh, Lavik

Penulis: Lavik

Editor: Airell, Zanu Triyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top