KAWAL PERSIDANGAN, WARGA WADAS GELAR AKSI DI HALAMAN PTUN SEMARANG

Sumber Gambar : Dok.Hayamwuruk

Sejumlah warga dari Desa Wadas Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah menggelar aksi di halaman Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang, pada Senin (16/8/2021). Aksi dimulai pukul 08.30 WIB hingga berakhirnya sidang pukul 15.30 WIB. Dalam aksi tersebut perwakilan warga yang hadir duduk bersila di halaman Gedung PTUN Semarang sembari memegang bendera merah putih dan bendera NU selama jalannya persidangan.

Aksi tersebut adalah buntut dari gugatan warga Wadas kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo perihal Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 590/20 Tahun 2021 tentang Pembaruan Atas Penetapan Lokasi Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Wonosobo. Adapun agenda persidangan pada Senin (16/8/2021) adalah mendengarkan keterangan saksi/ahli dari pihak tergugat.

Hasan selaku kordinator aksi mengatakan bahwa aksi ini dilakukan untuk mengawal jalannya sidang dan mendukung kuasa hukum dari pihak penggugat. Selain itu aksi ini juga sebagai bentuk perayaan HUT ke-76 RI.

“Bertepatan dengan HUT RI kita juga memperingati kemerdekaan meskipun desa kami juga tertindas. Kita tetap memperingati kemerdekaan dan juga kita mendukung pendamping hukum yang sedang berada di ruang sidang,” ujar Hasan kepada Hayamwuruk.

Era Hareva Pasarua, selaku bagian Koalisi Advokat untuk Keadilan Gerakan Masyarakat Peduli Alam Wadas (Gempadewa) mengatakan bahwa ada sekitar 30 lebih warga Wadas yang mengikuti aksi ini.

Selain itu Hasan mengatakan bahwa aksi tersebut diikuti oleh warga Wadas dari berbagai golongan usia. Aksi tersebut juga mendapat pujian dari petugas Satpol PP karena selama aksi berlangsung warga tertib dan mematuhi protokol kesehatan.

 “Tua muda dari warga Wadas semua ada. Tadi juga dapat nilai jempol dari Bapak/Ibu Satpol PP karena kita juga patuh protokol kesehatan,” kata Hasan.

Aksi ditutup dengan doa bersama dan membagikan nasi besek kepada para peserta aksi dan orang-orang yang ada di sekitar halaman PTUN Semarang, termasuk mahasiswa dan pers yang hadir.

 

Reporter: Roro, Rilanda

Penulis: Roro

Editor: Ban

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top