Penutupan Pendaftaran Pemira, Ada 2 Pasangan Calon Ketua-Wakil Ketua BEM

Ilustrasi : Teguh Bhagaskara

Hari terakhir pendaftaran Pemilihan Umum Raya (Pemira) Universitas Diponegoro (Undip) (26/11/2021), tercatat dua pasang bakal calon Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undip 2022. Keduanya adalah pasangan M. Fajar Sodik (Fakultas Hukum) dan Salsabila (Sekolah Vokasi) serta Ichwan Nugraha Budjang (Fakultas Sosial dan Ilmu Politik) dan Fika Indah Febriyani (Fakultas Ilmu Budaya).

Untuk calon Senator Senat Mahasiwa Undip 2022, telah terdaftar 32 mahasiswa yang mewakili beberapa UKM dan delegasi Fakultas di Undip. Sedangkan untuk calon Majelis Wali Amanat Unsur Mahasiswa (MWA UM) Undip 2022 hingga pendaftaran ditutup, belum ada calon yang mendaftar.

Muhammad Alfi, Ketua acara Pemira Undip 2021 mengatakan bahwa untuk calon Senator dan MWA UM, diadakan perpanjangan waktu pendaftaran hingga 28 November 2021 pukul 18.00 WIB.

“Nantinya kita akan memberikan Surat Pengembalian Amanah ke Senat Undip, untuk memberitahukan kalau sampai hari ini belum ada calon MWA yang mendaftar,” jelas Alfi kepada Hayamwuruk, Jumat (26/11/21).

Setalah pendaftaran Pemira Undip 2021 ditutup, akan ada beberapa rangkaian acara selanjutnya. Dimulai pada tanggal 29-30 November 2021 untuk pembetulan pemberkasan calon Senator yang masih kurang. Kemudian untuk tanggal 29 November 2021 verifikasi calon Senator dan MWA. Tanggal 30 November 2021 verifikasi calon Kabem dan Wakabem. Kemudian tanggal 1 Desember calon Kabem dan Wakabem sudah mendapatakan nomor urut.

Rangkaian kampanye calon Ketua dan Wakil BEM dimulai pada tanggal 2-11 Desember 2021. Nantinya, tanggal 2-5 Desember 2021 akan diadakan Roadshow ke beberapa fakultas. Selama 4 hari tersebut, kedua Pasangan calon (paslon) akan berkampanye dengan 3 fakultas yang digabungkan per-harinya.

Kemudian pada tanggal 11 Desember 2021 akan ada Debat Akbar untuk calon Kabem dan Wakabem serta calon MWA UM.

Selanjutnya, Alfi mengungkapan harapannya untuk Pemira tahun ini supaya mahasiswa di luar panitia dan bakal calon dapat ikut berpartisiapis dan meramaikan acara Pemira Undip.

“Untuk pemira tahun ini kita pasti membutuhkan partisipasi aktif dari mahasiswa Undip seluruhnya, bukan cuma Panlih, Panwas (Panita pengawas), dan calon-calonnya. Tapi juga partisipasi aktif mahasiswa Undip secara umum. Karena kita, selaku panita dan peserta, juga butuh suara, ‘kan. Kita butuh partipasi temen-temen partisipasi temen-temen. Ketika ada Roadshow, ikut. Kemudian ikut mengkritisi. Ketika memilih, jangan lupa ikut coblos calon BEM yang masing-masing inginkan,” ucap Alfi (25/11/2021)

Yunus Abdulaziz, ketua Panlih 2021 mengajak mahasiswa Undip untuk ikut serta dalam pemilihan bakal calon yang adan diadakan secara daring.

“Mungkin untuk teman-teman kan selama 2 tahun keberjalanan ini sudah biasa online. Jadi partisipannya aja sih. Karena kan kita Pemira secara online dan kebetulan Roadshownya perfakultas-fakultas sudah dibagi 3. Harapnnya mungkin teman-teman bisa ikut meramaikan dan berpartisipasi,” tutur Yunus (26/11/2021).

Reporter: Ningrum, Muhsin
Penulis: Ningrum
Editor: Restu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top