Panggung Bebas di Agustus Tujuh Belas: Usaha Prodi Sasindo Memantik Antusiasme Kuliah Luring

Sumber Gambar: Dok. Hayamwuruk/Vatrischa

Rabu, (17/8/22), program studi S1 Sastra Indonesia Universitas Diponegoro (Sasindo Undip) menggelar panggung bebas dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Ruang Teater Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip.

Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB yang dibuka dengan penampilan musik oleh Komuni Budaya, band berbasis mahasiswa FIB. Setelahnya, Sukarjo Waluyo selaku ketua prodi Sasindo Undip memberikan sambutan.

“Jadi selama ini, ‘kan, kita hanya [interaksi] melalui online, tho? Jadi di sini kita tahu mahasiswa seru punya banyak talenta nyanyi dan baca puisi,” ujar Sukarjo saat diwawancara Hayamwuruk (17/8/22).

Acara ini, kata Sukarjo yakin, dapat memberikan semangat di perkuliahan luring mendatang. Pun menurutnya dapat menjadi media untuk pengembangan bakat dan potensi mahasiswa yang difasilitasi prodi. “Nanti ke depannya [talenta] ini harus dikembangkan karena prodi Sastra Indonesia ini, ‘kan, tiap tahun harus mempunyai prestasi juara nasional dan selama dua tahun ini selalu terpenuhi,” katanya.

Rangkaian acara dilanjut dengan pembacaan puisi oleh dua mahasiswa Sasindo angkatan 2021, salah satunya Khansa Fakhira Budianto yang membacakan puisi Diponegoro karya Chairil Anwar. “Karena ini, ‘kan, tanggal 17 Agustus, masih dalam rangka [memperingati hari] kemerdekaan [RI] jadinya saya pilih puisi tentang kemerdekaan,” terang Khansa.

Panggung ini pun baginya merupakan acara luring pertama sejak resmi menjadi mahasiswi Sasindo Undip. “Ini pertama kalinya saya baru datang ke sini (FIB) jadinya, ‘tuh, bisa tahu, kenal sama teman-teman se-angkatan gitu yang belum pernah ketemu. Selama ini, ‘kan, tahunya cuma lewat online aja,” terangnya.

Ia berharap ke depannya Sasindo kerap diramaikan acara serupa. “Semoga bisa sering-sering mengadakan acara kayak gini lagi soalnya acaranya luwes terus bisa mengenal satu sama lain jadinya lebih akrab,” katanya.

Acara berakhir sekitar pukul 12.00 WIB setelah dosen dan mahasiswa serentak melantunkan lagu milik berbagai penyanyi, seperti Benyamin Sueb, Tetty Kadi, Vina Panduwinata, hingga Didi Kempot.

Reporter: Aida, Vatrischa
Penulis: Vatrischa
Editor: Rilanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top