Sajian Ringan dikala Senggang

Berbeda dari edisi-edisi sebelumnya, kali ini Hawe Pos hadir dengan edisi Cultural Studies. Jika biasanya kami mengupas isu-isu aktual seputar kampus, pada edisi ini kami menyajikan wacana kajian budaya.

Tema yang kami garap adalah sesuatu yang paling dekat dengan keseharian kita, yakni bagaimana orang-orang menjalani kehidupannya. Sesuatu yang seringkali dianggap remeh temeh, namun tanpa disadari telah menguasai pola kehidupan kita. Dengan bahasa yang ringan, semoga edisi ini bisa menjadi pengisi di waktu senggang, di saat anda melepas kepenatan rutinitas.

Awal Juni yang lalu kami tidak hanya memutuskan untuk merubah format dari tabloid menjadi newsletter, tapi juga waktu terbit. Kami putuskan untuk terbit sebulan sekali. Tiap bulan ketiga, kami hadir dengan edisi Cultural Studies.

Edisi ini memang terlepas dari isu-isu aktual yang dilakukan dengan penggarapan jurnalistik murni, tapi liputan-liputan kajian budaya dengan pendekatan tematik. Hal ini kami lakukan untuk mewarnai percaturan wacana di kampus Sastra yang beberapa periode belakang ini mulai meredup karena kurangnya komunitas-komunitas diskusi.

Pada edisi Cultural Studies kali ini, kami menyajikan ketertarikan sekelompok orang terhadap budaya Jepang. Bagaimana usaha-usaha mereka untuk dapat memahami dan mengetahui perkembangan budaya Jepang, hingga bagaimana pengaruhnya kebudayaan yang mereka pelajari pada diri mereka sendiri.

Berbicara soal Jepang, tentu saja tak lepas dari komik Jepang (manga) yang sangat fenomal itu. Selain itu juga musik-musik genre Jpop (Japanese Pop) yang belakangan banyak digandrungi para generasi muda di negeri ini. Semuanya bisa anda nikmati di sini.

Kami berharap liputan ini dapat menjadi hiburan yang menambah khasanah wacana anda. Tidak memberat dan tidak membebani pikiran anda. Tak lupa, kami ucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1427 H. Mohon maaf lahir dan bathin.

Sekadar kabar, edisi depan kami akan kembali hadir dengan edisi reguler. Tema yang kami angkat adalah seputar kebijakan kampus yang kurang berpihak kepada kepentingan sivitas akademika. Anda penasaran, tunggu saja, bulan depan kami akan menyapa anda lebih awal. Bila tak ada aral melintang, minggu kedua bulan November setelah liburan lebaran, Hawe Pos akan sampai ditangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top