Mahasiswa KKN Undip Inventarisasi Tradisi Sedekah Bumi dalam Bentuk Buku.


Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) Tim II di Desa Srikaton, Kecamatan Kayen,  Kabupaten Pati, melakukan inventarisasi tradisi selamatan sedekah bumi Desa Srikaton dalam bentuk buku.

 “ Hal ini dilakukan karena belum ditemukan adanya inventarisasi kebudayaan Desa Srikaton secara fisik dalam bentuk buku,” ujar Bhakti Putra Utama, Ketua Tim II KKN Undip

Bhakti mengatakan untuk melakukan inventarisasi tersebut, pada tahap pertama dilakukan wawancara dengan tiga narasumber, Winda dan Tangguh, pengurus Karang Taruna, serta Suwanto,  tokoh masyarakat, sekaligus ketua RW 01.

Setelah melakukan wawancara menyeluruh kepada narasumber utama, kegiatan kedua adalah menyusun hasil wawancara dan memulai inventarisasi. “

Kegiatan selanjutnya , kata Bhakti,  dilanjut dengan  pembuatan sampul buku.
“Setelah selesai, hasil inventarisasi pun dijadikan sebuah buku dan dicetak. Secara keseluruhan kegiatan inventarisasi ini membutuhkan waktu selama 3 minggu masa KKN,” ujarnya.

Bhakti berharap inventarisasi tersebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menjaga kebudayaan desa.

“Apabila hasil inventarisasi dapat disebarkan secara tepat diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya sebuah tradisi, sehingga dapat mengembangkan minat kontribusi dan rasa ingin melestarikan dari warga terhadap tradisi sedekah bumi,“ ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top