KMSI Selenggarakan Bincang Alumni “Nyambut Gawe Prakara Sastra”

Dok. Hayamwuruk



Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) FIB Universitas Diponegoro mengadakan acara temu alumni yang berjudul “Merdhamela!Nyambut Gawe Prakara Sastra di ruang A 3.11, gedung A FIB UNDIP, Sabtu (29/11/18). Acara ini membahas mengenai prospek jurusan Sastra Indonesia di dunia kerja.


“Tujuan diadakannya acara bincang alumni ini adalah untuk menjembatani komunikasi mahasiswa dengan alumni khususnya sastra Indonesia. Selain itu menjawab pertanyaan seputar kuliah sastra lulus akan jadi apa,” ujar ketua panitia, Grace Christa Y.

Muh Abdul Khak, sekretaris badan pengembangan dan pembinaan bahasa memaparkan bahwapintar saja tidak cukup dimiliki oleh seseorang. Tetapi juga membutuhkankemampuan softskill yang ada pada diri seseorang.

“Ada 3 hal yang harus menjadi karakter kita, pertama penguatan karakter, kedua literasi dasar. Dalam literasi dasar dibagi menjadi enam, diantaranya: literasi tertulis, literasi sains, literasi TIK, literasi rumah tangga, literasi keuangan, kritis analisis,” ujarnya.

Senada dengan itu, Rosa Rusdaryanti, kreator dan pebisnis hiburanmengatakan bahwa ilmu bahasa dapat diaplikasikan di segala bidang. Hanya saja bagaimana kita menangkap peluang dan menyesuaikan permintaan pasar.

Salah satu peserta, Fakhriyah mengaku sangat antusias dan acara tersebut menginspirasi.
“Acara seperti ini saya harapkan akan ada dan selalu ada di setiap tahunnya. Acara ini juga sangat menguntungkan bagi kami, karena kita tahu, banyak lulusan yang sangat inspiratif dan  inovatif  yang mampu mengubah pikiran kita,” ungkapnya.

Reporter: Della, Dandi, Istina
Penulis: Della
Editor: Dwi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top