Gairah Baru Hayamwuruk

Oleh: Syaiful Romadhon
Editor: Rizka Novita Rini
                Siang itu, Selasa (11/10/11) kantor redaksi LPM Hayamwuruk (HaWe) seperti biasa terlihat sepi hanya berisikan beberapa staf pengelola. Sejurus kemudian, kami dikejutkan oleh beberapa tamu yang tak lain beberapa peserta magang. Mereka tampak antusias, datang lebih awal dari jadwal pertemuan pengelola dengan peserta Magang 2011 LPM Hayamwuruk untuk kali pertama. Di dalam kantor redaksi, mereka intens bertanya tentang dunia pers mahasisawa.

Jumlah pendaftar magang tahun ini sedikit berkurang dari magang tahun lalu. Bila Magang 2010 pendaftar awal berjumlah 60 orang, tahun ini terdapat sekitar 40-an peserta magang dari berbagai macam jurusan, seperti jurusan Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sejarah, Ilmu perpusatakaan, D3 Inggris, dan D3 Kearsipan. Hari ini (11/10/2011) merupakan hari pertama untuk mereka berkumpul. Melihat banyaknya peserta magang yang terus berdatangan, kantor redaksi HaWe tidak cukup besar menampung mereka. Saya beserta staf litbang yaitu Galang Ari Pratama. Bergerilya mencari spot untung menampung para peserta magang. Beberapa tempat, telah kita survei namun cukup sulit menemukan spot yang tepat. Mengingat padatnya kampus FIB oleh para mahasiswa baru (maba) belakangan ini. Akhirnya kami menemukan spot yang tepat, yaitu di belakang gedung sejarah. Dibawah pohon yang teduh serta hembusan angin yang sejuk, kami rasa cocok untuk mengadakan acara perkenalan antara peserta magang. Kemudian kami pun kembali ke kantor redaksi untuk menjemput para peserta yang telah menunggu disana.
                Setelah kami kembali ke kantor redaksi ternyata jumlah peserta semakin bertambah. Tanpa pikir panjang, kami langsung menggiring peserta ke tempat lokasi yang telah di tetapkan. Kami duduk di tepi jalan di bawah pohon yang rindang, duduk secara melingkar sambil menunggu peserta yang belum datang. Jam telah menunjukan pukul 3 kurang 15 menit, acara pun dimulai. Acara dibuka oleh staf litbang yaitu Galang Ari Pratama, kemudian acara dilanjutkan dengan perkenalan staf-staf hayamwuruk. Acara dibuat secara santai dengan celetukan-celetukan yang mengelitik agar menumbuhkan keakraban diantara peserta dengan para staf-staf hayamwuruk. Selama acara ngobrol santai berlangsung, para peserta magang terus bedatangan. Susana semakin ramai setelah banyak peserta yang berkumpul. Kemudian mereka diminta untuk mengenalkan diri, mereka di minta menyebutkan nama, asal, serta bidang yang mereka minati, banyak diantara mereka yang masih bingung dengan bidang-bidang diminati. Kemudian pemimpin redaksi yaitu Quranul Hidayat sedikit mejelaskan tentang divisi-divisi tersebut. Antara lain reportase yaitu seorang reporter yang melaporkan suatu berita, semua anggota harus menjadi reporter karena reporter merupakan peran yang penting di dalam lembaga pers. Redaksi merupakan devisi utama sebagai pengurus majalah hayamwuruk yang tak lain produk utama dari LPM hayamwuruk. Artisitik devisi mengurusi layout, ilustrasi, serta disain grafis. Kemudian ada litbang atau riset, berkenaan tentang proses penelitian serta mengurusi regenerasi suatu organisasi. 
                Setelah sedikit membeberkan tentang divisi-divisi yang ada di Hayamwuruk Mas Day sapaan akrab untuk Quranul Hidayat meminta peserta magang untuk mendiskripsikan apa itu organisasi. Salah satu peserta magang ada yang menjawab “bahwa organisasi itu adalah suatu keluarga atau keluarga ke dua”. Dari semua jawaban secara garis besar mereka telah mengerti apa itu organisasi. Lalu Mas Day meminta para peserta magang  untuk menulis beberapa paragraf tentang motivasi masuk LPM Hayamwuruk. Mereka diberi beberapa menit untuk menyelesaikan tulisan mereka tersebut. Dengan cekatan mereka  langsung menulis, entah apa yang mereka tulis nampaknya mereka sangat menikmati menulis tapi ada pula yang seperti tidak niat untuk menulis. Tak lama kemudian pak PU LPM Hayamwuruk yaitu Achmad Dwi Afriyadi datang dengan senyuman lebar melihat para peserta magang yang sedang asyik menulis. Kemudian PU Hayamwuruk ini memberikan sedikit sambutan kepada peserta magang serta tak lupa mengucapkan selamat begabung dengan LPM Hayamwuruk. Jam telah menunjukan pukul 4.09, banyak peserta magang yang pamit meninggalkan tempat dengan berbagai alasan. Melihat ini staf litbang memutuskan untuk mengakhiri acara penkenalan yang singkat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top