Ekspedisi Wujud Bakti Tri Dharma

Dok. Hayamwuruk

Sabtu (26/4/18), suasana area belakang Gedung Serbaguna (GSG) siang itu tidak terlihat seperti biasanya. Beberapa anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKM-F) Mahasiswa Sastra Pecinta Alam (Matrapala) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (UNDIP) terlihat sedang mempersiapkan barang-barang. “Mau ekspedisi,” ujar Puti Ayu Anandita, ketua Matrapala.

Ditengah kesibukannya mempersiapkan keberangkatan, M. Fadhel Ibrahim, sebagai ketua panitia acara tersebut, menuturkan bahwa ekspedisi ini merupakan salah satu proses utama untuk menjadi anggota aktif.

“Di Matra (Matrapala) itu ada tiga proses, yaitu yang pertama basic training keahlian dasar (BTKD), terus basic training keahlian khusus (BTKK), yang terakhir ini namanya ekspedisi,” paparnya.

Dalam prosesnya, Matrapala sendiri mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni; penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat. Untuk penelitian, Matrapala cenderung ke ranah kebudayaan. Terdapat dua jenis penelitian; ilmiah dan semi ilmiah. “Tahun ini mau semi ilmiah, jadi ada adventure-nya sama penelitiannya,’’ kata Fadhel.

Dalam pendidikan, para peserta telah mendapatkan pembekalan keilmuan saat proses BTKD dan BTKK. Sedangkan dalam pengabdian masyarakat, ekspedisi ini merupakan bentuk pengaplikasian seluruh materi yang telah didapatkan pada saat proses BTKD dan BTKK. “Ilmu yang sudah didapatkan itu nanti diterapkan pas ekspedisi,’’ ucap Fadhel.

Fadhel berharap acara dapat berjalan lancar dan anggota muda dapat mempraktikan dan mengaplikasikan semua materi di lapangan dengan baik.

Untuk ekspedisi kedepan, semoga ada ekspedisi dengan tujuan dan job desk yang lebih menarik dan membuat FIB tentunya menjadi bangga,” imbuhnya.

Penulis : Erna
Editor: Dwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top